FOTO UDARA



RESUME KELOMPOK 5 
( FOTO UDARA )

  • Foto udara adalah salah satu ilmu geografis dalam pengambilan gambar dari udara 
  • Cara pengambilan foto ddari udara yaitu dengan helikopter, drone enda yang bisa terbang lainnya 
 

helicopter
drone 
  • untuk foto peta citra, foto yang ada di permukaan bumi, dan lain sebagainya.
contoh penginderaan jauh
contoh peta citra 

citra foto dapat dibedakan atas menjadi lima jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Foto ultraviolet, yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum ultraviolet dekat dengan panjang gelombang 0,29 mikro meter. Cirinya tidak banyak informasi yang dapat diperoleh, tetapi untuk beberapa objek dari citra ini mudah pengenalannya karena daya kontrasnya yang besar. Foto ini sangat baik untuk men deteksi beberapa fenomena, seperti tumpahan minyak di air laut, membedakan atap logam yang tidak dicat, dan jaringan jalan aspal.
  • Foto ortokromatik, yaitu foto yang dibuat menggunakan spektrum tampak, mulai warna biru hingga sebagian hijau (0,4–0,56 mikrometer). Objek akan tampak lebih jelas sehingga citra ini berguna untuk studi pantai mengingat filmnya peka terhadap objek di bawah permukaan air hingga kedalaman kurang lebih 20 meter.
  • Foto pankromatik, yaitu foto yang menggunakan seluruh spektrum tampak mata mulai warna merah hingga ungu. Daya peka film hampir sama dengan kepekaan mata manusia. Foto ini sesuai untuk mendeteksi fenomena pencemaran air, banjir, dan penyebaran potensi air tanah.
  • Foto inframerah asli (true infrared photo), yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum inframerah dekat (0,9–1,2 mikrometer) yang dibuat secara khusus. Karak teristik citra ini adalah dapat mencapai bagian dalam daun sehingga rona pada citra inframerah tidak ditentukan warna daun tetapi oleh sifat jaringannya. Foto ini sesuai untuk mendeteksi ber bagai jenis tanaman dengan segala macam kondisinya.
  • Foto inframerah modifikasi, yaitu foto yang dibuat dengan infra merah dekat dan sebagian spektrum tampak pada warna merah dan sebagian warna hijau. Dalam foto ini, objek tidak segelap dengan menggunakan film inframerah sebenarnya sehingga dapat dibedakan dengan air. Foto ini cocok untuk survei vegetasi karena daun hijau tergambar dengan kontras.

Dalam Teknnologi ini ada sebuah hal menarik yang bisa kita dapat dengan memanfaatkan sebuah drone. di irlandia ada sebuah inovasi terhadap drone, yang bisa di jadikan sebagai polisi udara nya irlandia yang bisa mejadi sebuah ancaman bagi pada pelaku kejahatan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRIANGULASI DAN TRILATERASI

POLIGON TERBUKA DAN POLIGON TERTUTUP

PETA RTRWN