PERPETAAN DALAM BIDANG LINGKUNGAN DAN KEHUTANAN

PERPETAAN DALAM BIDANG LINGKUNGAN 

kondisi yang dinamis menyebabkan dibutuhkannya pemetaan pada lingkungan karna di lingkungan terdapat banyak pemetaan seperti pemetaan daerah longsor, pemetaan daerah gempa, daerah hutan, dan lain sebagainya. 
ada tiga jenis teknik pemetaan yang dapat diaplikasikan untuk pemantauan lingkungan yaitu teretris, fotogemetri, dan peginderaan jarak jauh. adapun beberapa pemanfaatan pemetaan dalam lingkungan diataranya :
 1. penginderaan jarak jauh untuk pelestarian hutan yaitu dapat mengawasi daerah yang kebakaran sehingga cepat untuk ditanggulangi 
2. penginderaan jarak jauh untuk sumber daya hutan yaitu untuk mengetahui seberapa luas daerah perhutanan dan lain sebagainya 
3. pengnderaan jarak jauh untuk tutupan lahan yaitu untuk memantau keberhasilan dalam penanaman setelah tutupan lahan 
4. untuk mengendalikan kebakaran hutan yaitu dengan memantau daerah hutan yang masih terbakar dan sudah ditanggulangi


PERPETAAN DALAM BIDANG KEHUTANAN 

Manfaat ilmu ukur tanah dan pemetaan dalam dunia kehutanan yaitu: Terutama bagi para surveyor dan peneliti, ilmu ini tentu sangat berguna sebagai alat bantu untuk mengetahui gambaran kawasan yang akan disurvei atau diteliti serta membantu menentukan lokasi-lokasi yang mungkin akan ditempatkan petak percobaan, lokasi penelitian, rute jalan, base camp dan lain-lain. Membantu untuk menuju lokasi atau letak tempat-tempat  yang akan dituju. Sebagai alat untuk memasukan data yang dijumpai di lapangan. Untuk data-data yang terkait dengan keruangan, seperti lokasi temuan spesies, lokasi kawasan yang terganggu sangat membantu apabila datanya langsung dimasukan kedalam peta. Sebagai alat untuk melaporkan hasil penelitian atau survey. 
pemetaan dalam hutan juga bertujuan untuk mengukur luasan tanah untuk dibatasi sebagai batas hutan lindung, batas hutan produksi, juga untuk menentukan tempat yang di rehabilitasi hutannya dan lain sebagainya . 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRIANGULASI DAN TRILATERASI

POLIGON TERBUKA DAN POLIGON TERTUTUP

PETA RTRWN